ANALISIS KASUS TERHADAP PT FONTERRA BRANDS INDONESIA
1. Sejarah
Perusahaan
PT.
Fonterra Brands Indonesia hadir di Indonesia pada tahun 1995 pada awalnya
perusahaan ini bernama PT. New Zealand Milk Indonesia, pada tahun 2004
perusahaan ini berganti nama menjadi PT. Fonterran Brands Indonesia sampai
sekarang.
PT.
Fonterra Brands Indonesia merupakan perusahaan susu multinasional yang berbasis
di Selandia Baru dimana dinegara asalnya perusahaan ini bernama Fonterra Co-operative
Group, perusahaan ini merupakan salah satu pelaku bisnis terdepan dalam indusri
susu yang beroperasi di lebih dari 40 negara dan produk dari Fonterra
Co-operative Group dikenal sebagai salah satu produk susu terbaik diantara
merk-merk susu lain di dunia. Di Asia, produk terdepan dari Fonterra
Co-operative Group seperti CHESDALE, ANLENE, ANMUM, ANCHOR dan MAINLAND dikenal
dengan kebaikannya, kualitas dan keandalannya.
2. Visi dan misi
Visi
dan misi dari PT. Fonterra Brands Indonesia adalah
Visi Perusahaan :
‘To lead in Dairy’
Selalu berusaha untuk menjadi yang terdepan
di setiap aspek usaha
Misi Perusahaan :
‘Delighting consumer through dairy
products that are nutritious innovative and taste great’
3. Nilai Budaya
Sebagai individu, kita dibentuk oleh pengalaman budaya, profesional
dan pribadi yang berbeda. Nilai-nilai
bersama memungkinkan kita untuk menggabungkan kekuatan pribadi kita dengan
orang lain untuk membuat Fonterra lebih kuat, lebih baik, lebih inovatif dan
lebih sukses. Kami adalah perusahaan yang mencakup banyak negara dan budaya,
dan nilai-nilai yang sangat penting bagi kami. Dan tidak peduli siapa atau di
mana kita berada dalam Fonterra, ini adalah nilai-nilai yang kita bagi.
4. Marketing Mix
a. Produk
Brand name yang digunakan adalah
susu Anlene Total. Anlene merupakan produk andalan yang khusus diperuntukan
untuk pencegahan osteoporosis, hadir dalam empat varian Anlene One-A Day,
Anlene Total (dengan glukosamin untuk kesehatan sendi), Anlene Activit, dan
Anlene Gold (untuk usia 51 tahun ke atas). Anlene memiliki tiga varian rasa
yaitu, dark chocolate, vanilla dan plain (tawar). Anlene dapat memenuhi kalsium
yang dibutuhkan masyarakat sesuai dengan umur dan jumlah asupan kalsium yang
dibutuhkan. Dengan tiga varian rasa yang ada dapat memenuhi keinginan
masyarakat Indonesia yang rata-rata tidak menyukai susu atau bau susu.
b. Price
NO
|
NAMA
SUSU
|
HARGA
|
1
|
ANLENE
TOTAL 500G PLAIN/COKL/VAN
|
72500
|
2
|
ANLENE
TOTAL 200G PLAIN/COKL/VAN
|
31000
|
3
|
ANLENE
GOLD 900G PLAIN/COKL/VAN
|
98000
|
4
|
ANLENE
GOLD 600G PLAIN/VAN/COKL
|
67500
|
5
|
ANLENE
GOLD 250G PLAIN/COKL/VAN
|
30000
|
6
|
ANLENE
ACTIFIT 900G COKL/PLAIN/VAN
|
90000
|
7
|
ANLENE
ACTIFIT COKL/VAN/PLAIN 600G
|
62500
|
8
|
ANLENE
ACTIFIT 250G COKL/VAN/PLAIN
|
28500
|
c. Places
Anlene mendistribusikan produknya ke
pasar pasar modern seperti supermarket dan minimarket diseluruh Indonesia. Dan mendistribusikan
kea gen agen susu yang ada diseluruh Indonesia agar produk susu Anlene dapat
dengan mudah didapatkan konsumen.
d. Promosi
Tagline : 10000 langkah bersama Anlene mencegah oesteoporosis
Iklan :
bildboard, stasiun TV, sebagai sponsor suatu acara
Event : pada tanggal 6 desember 2009 diadakan event “gerakan 10000
langkah bersama
Anlene”
Event : Adanya Bone scan di mall besar dan store modern untuk memudahkan
konsumen memeriksakan kesehatan
tulangnya.
5. Analisis Internal Struktur
Organisasi

Gambar struktur organisasi
(Sumber : Dokumentasi PT. Fonterra
Brands Indonesia)
Tugas dan Wewenang
1. Top
Manajemen :
·
Sebagai
pimpinan tertinggi PT Fonterra Brands Indonesia.
·
Meningkatkan
kepuasan pelanggan sebagai komitmen dari perusahaan yaitu dengan melakukan
expanding pada mekanisme customer-complaint, memanggil Help Desk, dengan karyawan
yang lebih.
·
Meningkatkan
profesionalisme dan kompetensi dari sumber daya manusia perusahaan
·
Meningkatkan
fasilitas pada kualitas dan kuantitas
2. Finance
dan Accounting
·
Prediksi
keuangan dan analisis profit.
·
Analisis
keuangan.
·
Mengontrol
laporan keuangan perusahaan.
3. Information
System
·
Menangani
system teknologi informasi.
·
Mengembangkan
system informasi dan aplikasi baru.
4. Business
Development
·
Memikirkan
strategi-strategi perusahaan dan mengontrol tercapainya tujuan strategi
tersebut.
·
Bertanggung
jawab dalam pengadaan dan pendistribusian barang.
5. Marketing
·
Memasarkan
produk-produk dengan strategi-strategi pemasaran.
·
Bertanggung
jawab dalam perluasan jaringan pemasaran.
·
Menjadi
jembatan antara perusahaan dengan pelanggan.
6. Sales
·
Memasarkan
dan menjual produk secara langsung.
7. Food
Service
·
Memasarkan
bahan-bahan setengah jadi ke restoran dan hotel.
8. Human
Resources Development & General Affairs
·
Bertanggung
jawab dalam pengembangan sumber daya manusia.
·
Bertanggung
jawab dalam pengadaan training.
·
Bertanggung
jawab terhadap perlengkapan dan peralatan kantor yang dimiliki perusahaan baik
pengadaan maupun maintenance.
9. Internal
Audit
·
Mengontrol
apakah cara kerja di perusahaan sesuai dengan yang diinginkan.
6. Analisis Eksternal (Pesaing)
ANLENE
adalah produk susu berkalsium dari PT. Fonterra Brands yang kini menguasai pangsa
pasar Indonesia hingga 60%, namun pada Februari 2009, PT. Fonterra Brands meluncurkan
produk baru. Produk Anlene One A Day, di mana menurut PT. Fomterra Brands
produk ini adalah produk susu cair dengan kalsium emapt kali lebih tinggi disbanding
susu biasa. PT. Fonterra Brands meluncurkan produk ini karena berdasarkan
penelitian yang mengatakan bahwa faktanya kebanyakan wanita Indonesia hanya
memenuhi 50% kebutuhan harian kalsium mereka (hasil riset dari SEAMEO TROPMED
Regional Center for Community Nutrition, University of Indonesia dan Univerisity
of Otago, New Zealand). Dengan berbagai macam yang dilakukan pihak PT. Fonterra
Brands diharapkan dapat meningkatkan market share Anlene dari 60% menuju
70%. Dalam paper ini akan di bahas mengenai kegiatan dan penjelasan yang
dilakukan PT. Fonterra Brands khususnya produk Anlene One A Day. Mulai dari
Segmentasi pasar yang dilakukan, Targeting, Positioning produk, Creative
Strategy, Creative Tactics, Media yang digunakan khususnya advertising media,
dan juga media online yang digunakan oleh pihak marketingnya.
7. Analisis SWOT
SWOT pada PT. Fonterra Brands
Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut :
a.
Strength
·
Produk-produk
PT. Fonterra Brands Indonesia sudah dikenal oleh masyarakat
luas atau merupakan merk ternama.
·
Sebagai
pemimpin pasar dalam susu berkalsium.
b. Weakness
·
Fasilitas
infrastuktur yang kurang menunjang untuk daerah-daerah tertentu, terutama daerah
yang jauh dari pelabuhan maupun bandara.
c. Opportunity
·
PT.
Fonterrra Brands Indonesia merupakan perusahaan yang siap untuk menjadi
pemimpin di dalam pasar untuk produk-produknya.
·
Pangsa
pasar maupun kesempatan untuk mengembangkan daerah pemasaran masih sangat luas.
d. Threat
·
Penjiplakan
baik produk maupun kelebihan-kelebihan dari produk-produk PT. Fonterra Brands
Indonesia oleh para kompetitor.
8. Sumber
id.wikipedia.org/wiki
trimakasih infonya, sangat bermanfaat :)
BalasHapus